Dewasa ?

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu temen temen

Salam sehat semoga sehat selalu

Salam kebahagiaan

Ahh aku kembali teman, dengan tulisan opini. Selalu opini teman, jangan bosan ya ketika membuka link blogku. Melihat mu membuka dan membacanya membuat ku semakin semangat menulis, doakan yah bisa Istiqomah. Entah satu bulan sekali atau satu ahad sekali. Aku sangat ingin melakukan sesuatu dengan continue tetapi itu tidak mudah bagi pemula.

Hemmm ini juga sebagian dari pengambilan sikap, jika kamu teman dunia nyataku kamu pasti sangat menyadari aku berubah. Beginilah hidup teman kita di hadapan kan banyak pilihan dan mau tidak mau, memilih atau tidak kita pada akhirnya tetap akan memilih otomatis

Baiklah sudah cukup curhatan yang entah kemana arah pembicaraan nya. 

Opiniku kali ini membahas tentang 

Dewasa

Apa yang terfikir ketika kata tersebut muncul di antara banyak kata yang keluar bersama kalimat kalimat. 

Tua? Iya benar pasti dewasa identik dengan tua, karena manusia yang lahir terlebih dahulu

pasti perjalanan kehidupan nya, start lebih awal dari pada manusia lain yang lahir sebelumnya. Secara nalar pun orang berumur memiliki pengalaman, ilmu, sisi pandang yang pasti sudah sangat luas karena ia memulai lebih dulu dan kita belum tentu bisa berada di umur yang ia tempuh di tahun ini. 

Tetapi teman persepsi ini hanya sebatas sudut pandang ku saja

Pembalapyang berada di barisan awal apakah selalu menang? Belum tentu. 

Hidup ini ibarat sebuah lomba, lomba lomba dalam kebaikan.

Se awal apapun kita memulai Sebanyak apapun waktu yang kita punya, jika tidak di maksimal kan dan tidak Istiqomah hanya akan menjadi masalalu yang tak berarti. Coba saja satu ahad ini gunakan kemalasanmu penuh, gunakan uangmu semua, habiskan. Dan coba satu ahad kemudian gunakan waktu mu membaca, berdiskusi, sambil menyelam hafalan hafalan kitab atau kosa kata bahasa asing. Cukup satu ahad saja, buktikan masa lalu mana yang kamu tinggal dengan tenang menjadi kenangan yang bermakna ? 

Hidup ini singkat teman. Hidup ini ibarat kesempatan, detik ini juga kesempatan. Apakah kesempatan bisa datang 2 kali? Bisa jadi, tapi tidak selamanya datang 2 kali. 


Kembali lagi definisi dewasa, bahkan banyak manusia mengaku dirinya dewasa tapi tidak benar benar demikian. Jadi sebenarnya dewasa itu apa? Pola pikir yang matang? Pengetahuan yang luas? Sebuah sikap ? 

Menurut KBBI dewasa itu 

Matang (umur, pemikiran)


Menurut beberapa teman karibku : 

Umur gak menentukan sikap dewasa bahkan adalakanya umur masih kecil tapi gaya bicaranya, pemikiran nya sudah seperti orang tua, menurutku dirimu gak perlu nanya aku harus umur berapa dewasa itu. tapi coba tanya pada dirimu. apakah sudah tercapaikan semua yang ku harapkan di usiaku yang sekarang. {Copy paste pesan yang dia kirim, sedikit diperbaiki ejaannya} - kis

(Singkatnya. hidup itu penuh dengan target dan lomba, lintas gender,lintas usia, lintas keadaan. Siapa yang sabar menahan padatnya belajar kehidupan, insyaallah kedewasaan melekat padanya)


Dewasa adalah kita sudah bisa mengendalikan ego, bisa berfikir jangka panjang, merelakan hati kita hancur demi agar orang lain tidak tau, dan mampu menyembunyikan ambyarnya hati dibalik senyuman (Yuni ima)


Dewasa itu ketika kamu menjalani hidup yang biasa saja tapi merasa lelah dan penuh perjuangan.

Dewasa itu adalah dimana kamu harus bisa mengambil sikap yang terbaik dari setiap apa yang kamu hadapi. 

Dewasa itu adalah dimana posisi kamu tidak hanya memikirkan perihal untuk dirimu saja melainkan juga untuk orang² yang ada di sekitar kamu dan orang² yang kamu sayangi.

Dewasa itu dimana kamu bisa mengutamakan kepentingan bersama dibanding kepentingan kamu sendiri.

Dewasa itu sikap dimana tidak hanya membanggakan diri sendiri.

Dewasa itu bisa menghargai, menghormati, peduli sesama, penuh empati dan simpati.

Dewasa itu apa saja yang kamu anggap jalan yang baik.

Dewasa itu masih banyak lagi. (Uswahtun Hasanah S.Pd)


Menurut ku hal hal yang bisa menumbuhkan sifat dewasa itu dengan sabar menghadapi masalah masalah yang ada, jangan lari atau menghindari masalah tersebut. Dengan tekun mendengarkan nasehat nasehat orang lain. 

Dewasa terbentuk karena keadaan, belajar memperbaiki sikap, lebih banyak diam, menganalisis sekitar, memberikan panggung Kepada mereka yang ingin tampil. Adakalanya dewasa itu tentang diri kita masing masing, cara mendidik diri sendiri, mengubah atau memperbaiki diri sendiri. Apapun yang dimulai dari hati , contoh berubah menginginkan dewasa.


Pesanku niat yang baik jangan sampai di tinggal di tengah jalan, belajar terus membawa sikap sikap tenang dalam memutuskan sesuatu.

Teori memang teramat mudah, tetapi ketika pikiran masih bisa memikirkan nya berarti hal itu tidak mustahil terjadi, apapun itu. Bahkan termasuk hal kecil sekalipun


Teman. 

Jaga hatimu, perbaiki niatmu, jaga niat terbaikmu.

Salam dari ku.

Cheer up !


Sekian

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu

Komentar

  1. Bagaimana jika "Tuhan hanya memberikan satu kali kesempatan, akan tetapi Tuhan selalu memberikan banyak jalan baru"...... Bukankah kegagalan juga bisa membuka jalan ke ruang ke-ilmu-an yang baru. Tidak mengulangi kesalahan yang sama karena kesalahan yang baru masih banyak untuk menjadi ilmu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konyol memang pemikiran itu. Berusaha tidak mengulangi kesalahan yang sama tapi Mencoba kesalahan yang lain. Tapi aku setuju denganmu onit_juna memang selalu gila ide mu. Tapi patut kita laksanakan. Wkwkwkwk. Seperti dirimu tumbuh dengan ilmu kehidupan.

      Hapus
  2. Iya kesempatan hanya sekali. Pernah dengar kalimat "Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, atau Badai pasti berlalu?" Itu kalimat pengecut yg belum lengkap. Kalimat lbh lengkap "Badai pasti berlalu demikian jga hari yang cerah juga pasti berlalu" itu kalimat jantan. Gak mungkin hari akan cerah terus, hujan pasti akan berhenti tapi nanti akan hujan lagi. Okay saat ini badai akan kita kerjakan, lalu cerah Alhamdulillah, tetapi tetap waspada akan badai berikutnya.

    "Kegagalan bukanlah Keberhasilan yang tertunda, kegagalan ialah keberhasilan yang tak terjadi". Jangan jdi pengecut, yawdah kalau gagal akui saja gagal, gagal ora masalah, biasa hidup gagal itu. "Kegagalan bukanlah Keberhasilan yang tertunda, kegagalan adalah keberhasilan yang tak terjadi", gak masalah, kenapa?? Karena keberhasilan hanya datang dari keputusan yang benar. Keputusan yang benar datang dari pengalaman, pengalaman datang dari keputusan yang salah. Jadi ketika gagal, akui saja itu kegagalan, dan cari tau kenapa bisa gagal, kegagalanmu membuat mu punya pengalaman, sehingga berikutnya memberikan mu kesempatan untuk sukses. Jadi jangan jdi pengecut, gagal ora duso, gak ada ayat yg mengatakan gagal itu dosa. Gak ada yg mengatakan gagal lalu masuk neraka..

    Karena semua kegagalan itu akan membawamu ke keberhasilan, jika kamu bisa mengambil pengalaman dan ilmu dari kegagalan.

    Kesempatan hanya sekali, tp jalan baru masih banyak lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap suhu. Panutan memang. Anda yang telah jatuh berkali kali, dan bangkit berkali kali pula. Semangat selalu suhu ✊✊✊ ini ilmu yang membuka pemikiran. Badai pasti berlalu dan cerah pasti berlalu juga. Kuat kan diri menghadapi badai selanjutnya. !

      Hapus

Posting Komentar